top of page

Cara Mengganti Wheel Bearing (Bearing Roda)

Diperbarui: 29 Mar 2022



Wheel Bearing membantu roda pada kendaraan agar tetap berputar dengan gesekan yang sesedikit mungkin, terletak di dalam hub roda. Jika Anda mendengar suara dengungan saat mengemudi, kemungkinan salah satu bantalan roda kendaraan mulai rusak.


Mengganti bantalan roda sendiri dianggap sebagai pekerjaan menengah yang dapat dilakukan di rumah, tetapi akan memerlukan beberapa alat mekanik khusus. Langkah-langkah yang diberikan di bawah ini yang paling umum ditemukan pada sebagian besar kendaraan. Pastikan untuk mendapatkan manual servis kendaraan dan identifikasi jenis bantalan roda yang dilengkapi dengan kendaraan sebelum memulai penggantian.


#BAGIAN 1/3 : Siapkan mobil & lat yang dibutuhkan


Alat yang Dibutuhkan

· Pelumas/minyak bearing

· Pemotong diagonal

· Dongkrak lantai

· Sarung tangan

· Tang

· Kunci Ratchet (½ inci dengan soket 19mm atau 21mm)

· Kacamata pengaman

· 2 Dudukan dongkrak pengaman

· Set soket (⅜ set soket 10mm-19mm)

· Obeng

· Kunci torsi

· 2 Ganjalan roda

· Gantungan baju dari kawat


Langkah 1: Letakkan ganjalan roda di belakang roda.

Parkirkan kendaraan pada permukaan yang datar dan rata.

Ini digunakan untuk memblokir ban yang berlawanan dengan roda yang akan dikerjakan terlebih dahulu.


*PERHATIKAN : Jika mengganti Wheel Bearing depan di sisi pengemudi, perlu menggunakan ganjalan di roda belakang penumpang.


Langkah 2: Kendurkan mur roda.

Ambil kunci ratchet dengan soket ukuran yang benar untuk mur roda. Kendurkan mur roda pada ban yang akan dilepas tetapi jangan melepas sepenuhnya dulu.


Langkah 3: Angkat kendaraan.

Gunakan dongkrak lantai dan sepasang dudukan dongkrak pengaman untuk mengangkat kendaraan. Ini akan membantu saat melepas ban dengan aman.


*PERHATIKAN: Pastikan untuk merujuk ke panduan manual untuk mengetahui informasi, di mana titik angkat yang tepat untuk mendongkrak kendaraan.


Langkah 4: Lepaskan mur roda.

Setelah kendaraan diangkat, lepaskan mur roda sepenuhnya dan kemudian lepaskan ban dan letakkan di samping.




#BAGIAN 2/3 : Pasang Wheel Bearing baru

Langkah 1: Lepaskan kaliper dan braket rem.

Gunakan ratchet dan soket untuk membuka baut kaliper rem cakram dan braket dari poros. Gunakan obeng untuk melepas kaliper itu sendiri.


*PERHATIKAN : Saat melepas kaliper, berhati-hatilah agar tidak menggantung bebas, karena dapat merusak saluran rem fleksibel. Gunakan gantungan kawat untuk mengaitkannya pada bagian bawah mobil yang aman atau menggantung kaliper rem pada suspensi.


Langkah 2: Lepaskan Outer Wheel Bearing.

Jika Wheel Bearing ditempatkan di dalam rotor rem cakram, seperti yang sering terlihat di truk, Anda perlu membuka tutup debu (dust cap) tengah untuk membuka cotter pin dan mur penahan.


Untuk melakukannya, gunakan tang untuk melepas cotter pin dan mur penahan dan kemudian geser rotor ke depan untuk melepaskan Outer Wheel Bearing (bantalan roda yang lebih kecil).


Langkah 3: Lepaskan Rotor dan Inner Wheel Bearing.

Pasang kembali mur penahan pada spindel dan pegang rotor dengan kedua tangan. Lanjutkan untuk menarik rotor dari poros, sehingga Inner Wheel Bearing yang lebih besar tersangkut pada mur penahan, dan lepaskan Bearing dan Seal dari rotor.


Langkah 4: Gosokkan pelumas bearing ke dalam casing.

Tempatkan rotor menghadap ke bawah di lantai dengan sisi belakang menghadap ke atas. Ambil bantalan baru yang lebih besar dan gosokkan pelumas bantalan ke dalam casing.


*PERHATIKAN: Cara termudah untuk melakukannya dengan memakai sarung tangan dan menyendok pelumas secukupnya ke telapak tangan dan gosok bearing ke telapak tangan, biarkan pelumas masuk ke dalam casing bearing.


Langkah 5: Pasang bantalan baru.

Tempatkan bearing baru ke bagian belakang rotor dan oleskan pelumas ke rongga bearing bagian dalam. Pasang Seal Bearing baru di atas bearing baru yang lebih besar dan geser rotor kembali ke poros.


*PERHATIKAN : Palu karet dapat digunakan untuk menempelkan seal bantalan ke tempatnya.


Kemas bantalan baru yang lebih kecil dengan gemuk dan geser ke poros di dalam rotor. Sekarang pasang Thrust Washer dan mur penahan ke poros.


Langkah 6: Pasang cotter pin baru.

Kencangkan mur penahan sampai pas dan putar rotor berlawanan arah jarum jam secara bersamaan.

Kencangkan mur penahan putar hingga pas dan kemudian pasang cotter pin baru.

Langkah 7: Buka baut dan ganti hub.

Beberapa mobil memiliki bearing roda depan yang diseal secara permanen seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Rotor dipasang pada hub yang berisi bearing roda yang ditekan.


Rakitan bearing di gandar depan atau belakang yang tidak digerakkan dipasang di antara hub roda dan poros spindel sederhana.


*PERHATIKAN: Jika bearing ditempatkan di dalam hub yang dapat dilepas, cukup gunakan ratchet untuk melepaskan hub dari poros dan memasang hub baru.

Langkah 8: Lepaskan poros jika diperlukan.

Jika bearing ditekan ke dalam poros, disarankan untuk melepaskan poros dari kendaraan dan membawa poros serta bearing roda yang baru ke bengkel setempat. Mereka memiliki alat khusus untuk menekan bearing lama dan menekan yang baru.


Dalam kebanyakan kasus, layanan ini dapat dilakukan dengan murah. Setelah bearing baru ditekan, poros dapat dipasang kembali ke kendaraan.



#BAGIAN 3/3 : Perakitan Ulang


Langkah 1: Pasang kembali rotor rem dan kaliper.

Setelah bearing baru dipasang, rotor rem dan kaliper dapat dipasang kembali ke kendaraan menggunakan ratchet dan soket yang sesuai yang digunakan untuk melepasnya.


Langkah 2: Pasang ban.

Pasang kembali roda dan kencangkan mur roda dengan tangan. Topang kendaraan dengan dongkrak lantai dan lepaskan dudukan dongkrak pengaman. Turunkan kendaraan secara perlahan hingga ban menyentuh tanah.


Langkah 3: Selesaikan instalasi.

Gunakan kunci torsi untuk mengencangkan lugnut sesuai spesifikasi pabrikan. Turunkan kendaraan sepenuhnya dan lepaskan dongkrak lantai.


Selamat, Anda telah berhasil mengganti bearing roda kendaraan Anda. Penting untuk melakukan test drive setelah mengganti bantalan roda untuk memastikan bahwa perbaikan telah selesai. Jika Anda mengalami masalah saat mengganti bearing roda Anda, hubungi bengkel langganan kalian.


Atau lihat video penggantian Bearing Roda mobil di Youtube :



Ingin tahu lebih lanjut mengenai produk Bearing dari Timur Raya?

Informasi Lebih Lanjut Tanya Kepada Kami DISINI

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commenti


bottom of page